INVESTASI ANAK MUDA MILENIAL



Di zaman sekarang ini, banyak pilihan investasi  yang bisa anak muda lakukan. Namun banyak juga beredar penipuan berkedok investasi . untuk itu sebagai anak muda milenial, kita harus mempelajari dan menyelidiki invesasi yang ditawarkan kepada Anda. Jangan sampai Anda ditipu. Anda berharap mendapat untung, malah buntung di kemudian hari. Ada beberapa investasi bagi anak muda milenial yang dapat Anda pertimbangkan.

1.Deposito

Bagi Anda yang memiliki uang yang berlebih baik itu pemberian orang tua maupun dari tabungan Anda, Anda dapat memilih investasi dalam bentuk deposito. Menurut Wikipedia (www.wikipedia.org), deposito adalah produk penyimpanan uang (sejenis jasa tabungan ) di bank dengan sistem penyetoran yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah melewati waktu tertentu yang biasa ditawarkan kepada masyarakat dan dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu. Ada beberapa bank yang menawarkan bunga yang menarik untuk deposito yang Anda inginkan. Tips memilih deposito yang baik dan aman dari penulis :
*Pelajari bank yang menawarkan kepada Anda
* Lihat Laporan Keuangan bank tersebut. Apabila Anda awan dalam membaca laporan keuangan, hal terpenting yang perlu Anda tanyakan adalah apakah likuiditas bank ini lancar atau tidak.
* Bandingkan rate bunga yang ditawarkan kepada Anda dan juga lama tenor deposito.
Namun rate bunga yang tinggi tidak selalu menguntungkan. Loh kok bisa? Pengalaman penulis dalam hal berinvestasi di deposito, ada bank yang menawarkan rate yang tinggi, namun syaratnya tenor (waktu) deposito nya minimal 6 bulan sampai 12 bulan. Nah jikalau Anda mencairkan deposito sebelum waktu jatuh tempo yang Anda pilih (misalnya 6 bulan), Anda akan dikenakan denda sesuai dengan kesepakatan yang telah Anda tentukan di awal (sebelum membuka deposito). Namun ada juga bank yang memberikan bunga tidak sebesar yang Anda harapkan, namun Anda tidak dikenakan denda jikalau Anda mencairkan sebelum jatuh tempo. Ilustrasinya misalnya ada bank A dan bank B. Bank A memberikan bunga 7% pa untuk jangka waktu minimal 6 bulan (jatuh tempo sebelum waktunya dikenakan denda). Bank B memberikan bunga 6,5% pa minimal 3 bulan tanpa denda.


Sumber :  httpwww.mikirbae.com201609jenis-simpanan-deposito-dan-cara.html

2. Saham

Untuk berinvestasi di bidang ini, Anda harus memahami mengenai perkembangan saham (naik atau turunnya saham). Jikalau Anda awam di bidang ini, Anda dapat meng-hire pialang saham professional yang mengelola dana Anda untuk dapat memberikan keuntungan kepada Anda. Namun seperti bisnis, ada untung maupun rugi, di saham juga ada kalanya Anda rugi. Namun untuk meminimalkan kerugian Anda, saran dari penulis adalah kalau Anda awam, pilihlah perusahaan pialang saham yang legal untuk mengelola dana Anda. Jikalau Anda sudah pengalaman dalam bidang ini, saran dari penulis adalah jangan terburu nafsu, karena nafsu kita lah yang membuat kita mengalami kerugian.




Sekarang ini bukalapak sudah memberikan wadah bagi anak muda milenial untuk membuka reksadana di bukalapaka. Produknya bernama BUKAREKSA. Bukareksa adalah salah satu produk Bukalapak yang menyediakan produk Reksa Dana bagi pengguna Bukalapak untuk berinvestasi dengan aman dan tanpa takut.

* Minimum dana investasi sangat terjangkau
Dana minimum untuk investasi dimulai dari Rp10.000 saja. Sangat terjangkau dibandingkan investasi minimum Reksa Dana pada umumnya.
* Proses transaksi Reksa Dana sangat sederhana
Kamu dapat melakukan transaksi Reksa Dana cukup dengan memilih produk yang diinginkan kemudian masukkan data yang dibutuhkan.
* Investasi dapat dicairkan kapan pun kamu mau
Reksa dana memberikan keuntungan lebih tinggi daripada tabungan dan deposito di bank. Dana investasi dapat dicairkan kapan pun dengan cepat.


Sumber : https://www.bukalapak.com/bukareksa/

4. Obligasi

Menurut Wikipedia (www.wikipedia.org), obligasi adalah suatu istilah yang digunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. 

Bagi anak muda milenial, obligasi bisa menjadi salah satu pilihan dalam berinvestasi. Adapun keuntungan dalam memilih obligasi antara lain
* Bunga obligasi bisa menjadi pengurang pajak sehingga obligasi bisa menghemat pajak yang Anda akan bayar.
*Kupon obligasi biasanya lebih tinggi daripada bunga deposito bank.
* Obligasi dapat dengan mudah untuk Anda perjual-belikan atau perdagangkan baik itu di pasar sekunder, Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun diluar BEI. Keungtungannya perputaran cash flow Anda berjalan dengan baik.
* Keuntungan pasti yang didapat dari selisih harga obligasi ketika obligasi yang dimiliki diperdagangkan
* Anda dapat menjadi obligasi yang Anda miliki sebagai jaminan seperti obligasi negara.
* Obligasi adalah salah satu investasi yang aman karena pembayaran bunga dan pokok pinjamannya telah diatur dalam peraturan perundang-undangan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBAIKAN SEPAKBOLA INDONESIA DIMULAI DARI SEPATU

Jenis-Jenis Benang Untuk Merajut