PERBAIKAN SEPAKBOLA INDONESIA DIMULAI DARI SEPATU



Di zaman sekarang ini, Anda tahu bahwa di tahun 2018, Luka Modric terpilih sebagai pesepakbola terbaik dunia mengalahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Sepatu adalah salah satu modal yang menunjang skill para pemain sepakbola professional. Skill yang mumpuni, kecepatan, dan juga akselarasi didukung oleh sepatu yang digunakan oleh pemain sepakbola tersebut. Di berbagai olahraga yang mengutamakan kaki, sepatu adalah alat yang sangat dibutuhkan. Olahraga lari, basket, sepakbola, futsal, dll adalah jenis olahraga yang membutuhkan sepatu. Di tahun 2018 ini, Luka Modric mendapat sepatu khusus dari salah satu produsen peralatan dan pakaian olahraga terbesar di dunia, Nike. Nike merilis sepatu edisi khusus yakni  Nike Mercurial Vapor XII .Sepatu khusus ini hanya tersedia 1500 pasang saja. Sepatu ini memiliki kesan elegan sekaligus mewah. Sepatu berwarna silver dengan logo Nike berwarna hitam dan memiliki garis warna emas itu adalah salah satu bukti bahwa sepatu menjadi salah satu faktor penentu bagi atlet sepakbola professional. Anda tahu bahwa posisi pemain sepakbola professional berdampak kepada sepatu yang akan mereka pilih.

Termasuk pula sepatu bola yang digunakan oleh setiap pemain dari masing-masing posisinya. Berikut beberapa sepatu berdasarkan posisi dari pemain sepakbola professional
1. Posisi pemain belakang (Goalkeeper and defender)
Sepatu yang dipilih oleh penjaga gawang dan pemain belakang adalah sepatu yang tingkat stabilitas yang kuat, kokoh, serta struktur sepatunya harus solid. Heel counter sepatu tersebut harus baik dan sepatu tersebut harus mampu menahan kaki ikut terangkat saat melompat. Kiper dan pemain belakang memilih sepatu yang dapat melindungi tumit kaki mereka dengan sebaik mungkin. Posisi kiper dan pemain belakang lebih banyak melompat sehingga harus mampu menahan tumit mereka saat mendarat. Adapun beberapa contoh sepatu yang cocok dalam posisi ini antara lain yakni Nike Tiempo (CB,WB), Adidas Predator(CB,WB), Adidas Nitrocharge (CB).


 Sumber : www.adidas.com
 2. Pemain Tengah (Midfielder)
Pemain seperti Toni Kroos, Luka Modric dan pemain tengah berkelas dunia lainnya adalah pemain kunci yang mengatur permainan dalam sepakbola. Pemain tengah adalah pemain kunci yang mendistribusikan bola, mengatur bola agar kerja sama tim dapat berjalan dengan seefisien mungkin. Pemain tengah memilih jenis sepatu yang mampu menambah akurasi tendangan dan stabillitas. Adapun beberapa contoh produknya antara lain ialah adidas predator X, Nike CTR 90 atau Nike tiempo, Nike Magista, Adidas Adinova 11 Pro, Adidas Adipure 11, Nike CTR360.


 Sumber : www.adidas.com

3. Pemain Sayap
Pemain seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi yang mengandalkan kecepatan, skill mendribbling (menggiring) bola dan juga kelincahan membutuhkan sepatu dengan bobot yang sangat ringan dan harus nyaman dipakai berlari serta mendribbling (menggiring) bola dalam kecepatan yang tinggi. Bayangkan jikalau sepatu yang digunakan tidak nyaman maupun berat, pastinya pemain tersebut akan kesulitan untuk memaksimalkan potensi lari serta skill dribblingnya. Adapun beberapa contoh sepatu yang cocok pada posisi ini adalah nike mercurial superfly V CR7, Pyro Storm seri Nemeziz, Ace, dan X.



Sumber : www.nike.com



Sumber : www.adidas.com/

4. Pemain depan atau Penyerang (Striker)
Pemain seperti Ibrahimovic, Harry Keane, dan penyerang lainnya menggunakan sepatu yang ringan untuk mendukung gerakan mereka. Penyerang juga membutuhkan sepatu dengan bahan kulit yang halus yang bertujuan agar pada saat melakukan tendangan lebih akurat. Beberapa contoh sepatu yang cocok untuk posisi ini antara lain Nike mercurial, Nike Hypervenom Panthom dan Adidas F50.
Jadi pendapat penulis, perbaikan sepakbola Indonesia harus dimulai dari perbaikan penggunaan sepatu yang digunakan oleh para pemain sepakbola. Hal itu harus kita terapkan sejak dini. Anak-anak potensial dapat memaksimalkan kemampuan mereka baik kemampuan sebagai penjaga gawang, pemain bertahan, pemain tengah , pemain sayap maupun penyerang. Jangan kita bermain-main dengan bakat terpendam yang dimiliki oleh anak-anak potensial Indonesia. Tim nasional sepakbola yang bagus adalah dimulai dari anak-anak muda yang sejak dini dididik secara skill, ketekunan, mental, disiplin dan juga sepatu yang mereka gunakan. Jikalau mereka berbakat sebagai penyerang, pemerintah sebaiknya memfasilitasi mereka untuk menggunakan sepatu jenis Nike mercurial, Nike Hypervenom Panthom dan Adidas F50.
Sumber : www.nike.com
 Kebanyakan kita menggunakan sepatu yang ala kadar nya sehingga anak-anak muda potensial kita kurang mampu memaksimalkan bakat mereka. Oleh sebab itu, untuk sepakbola Indonesia yang lebih baik, mari kita mulai menggunakan sepatu yang sesuai dengan posisi yang Anda kuasai. Untuk memilih sepatu, Anda bisa mencari di www.bukalapak.com. Selain kualitas sepakbola indonesia yang terjamin, Anda juga dapat memiliih sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INVESTASI ANAK MUDA MILENIAL

Jenis-Jenis Benang Untuk Merajut